Bagi sebuah
perusahaan, konsumen adalah faktor yang sangat penting. Bahkan, ada sebuah
idiom yang mengatakan bahwa konsumen adalah raja dan konsumen selalu benar.
Memang, sebuah perusahaan yang menghargai konsumennya dengan lebih baik, bisa
dibilang perusahaan itu akan memiliki masa depan yang cerah.
Penghargaan
terhadap konsumen ini dibuktikan lewat pelayanan yang terus ditingkatkan oleh
berbagai perusahaan. Untuk kasus Bank misalnya, bagian security yang dulunya
terkenal dengan tampang seram dan menunjukan wajah seram pun, kini sudah
diharuskan untuk sekaligus menjadi customer service bagi nasabah ataupun
pengunjung yang mendatangi Bank. Hal itu menunjukan bahwa Bank menghargai
tinggi konsumen yang menggunakan layanannya.
Di sisi lain, ada
juga penghargaan kepada konsumen berupa tata cara yang ramah dan kesabaran
dalam menjawab pertanyaan. Hal ini contohnya ada pada perusahaan-perusahaan
swasta telekomunikasi, yang dimana TOSnya untuk para customer service via
telepon adalah tidak boleh CS itu menutup telepon terlebih dahulu daripada
pelanggan. Dan setiap kemarahan dari pelanggan pun harus ditanggapi dengan
tenang dan tidak boleh marah. Hal itu menunjukan konsumen adalah sosok yang
dihormati oleh perusahaan.
Lalu, cukupkah
sampai di sana saja bentuk penghargaan untuk konsumen? Tentu saja tidak, ada
banyak sekali cara untuk menyenangkan hati konsumen. Salah satu metode untuk
membuat konsumen senang kepada perusahaan dan merasa nyaman dengan perusahaan
adalah dengan memberikan mereka hadiah berupa souvenir atau merchandise yang
bermanfaat.
Misalkan, kita
membagikan payung cantik kepada konsumen dan pelanggan setia kita dengan metode
tertentu yang membuat mereka nyaman. Tentu hal ini akan membuat konsumen
senang, karena mendapatkan barang secara gratis, dan sekaligus barang itu
memberikan manfaat secara langsung untuk kehidupan konsumen.
Selain payung, kita
bisa juga membagikan jam, mug, kalender, dan barang-barang souvenir lainnya.
Hal ini jelas akan membuat konsumen kembali pada kita, dengan pendekatan yang
tepat tentunya.
Membagikan barang
memang menyenangkan, tapi bagaimana dengan perusahaan? Bisa-bisa perusahaan
nanti bangkrut hanya demi menyenangkan konsumen? Tentu saja, perusahaan harus
menghitungnya dengan teliti. Dan di sisi lain, perusahaan pun sebenarnya
mendapatkan keuntungan dari pembagian souvenir kepada konsumen ini. Karena
souvenir-souvenir itu dapat disulap menjadi media promosi bagi perusahaan
secara halus. Misalkan pada jam yang kita bagikan kepada konsumen, materi iklan
di cetak di bagian dalam jam, dan saat konsumen memasang jam itu di rumahnya,
lalu melihat waktu pada jam itu, maka otomatis materi iklan perusahaan akan
terlihat. Sangat menguntungkan bukan?
Tentunya, untuk
membuat souvenir promosi yang menarik ini, ada jasa-jasa yang melayaninya
sendiri. Di Indonesia sudah banyak yang menawarkan jasa melayani pemesanan
barang-barang promosi seperti ini. Namun tidak semuanya dapat diandalkan dan
memberikan kualitas yang bagus. Salah satu yang dapat menjamin kualitas, harga,
dan pelayanan yang memuaskan adalah Cera Production.
Sederhana bukan,
dengan membagikan hadiah berupa souvenir kepada konsumen, kita akan
menyenangkan konsumen sekaligus berpromosi. Sebuah pilihan yang menguntungkan
tentunya. Sudahkah anda membagikan souvenir kepada pelanggan setia anda?