Saat seorang wanita sudah
beranjak dewasa, tentu kebiasaan-kebiasaan dan cara dia memandang hidup sudah
berbeda. Seorang wanita dewasa akan lebih mementingkan fungsionalitas dari
sebuah barang, dibanding visualnya secara keseluruhan. Namun, bukan berarti
mereka akan mengesampingkan nilai estetika dari barang itu begitu saja. Seorang
wanita dewasa akan selalu memperhatikan bentuk dari barang promosi itu.
Fashionable, adalah kunci kedua dari merchandise promosi yang berpotensi untuk
disukai oleh mereka.
Karenanya, sebuah merchandise
yang mengandung fungsi dan memiliki bentuk unik serta lucu adalah sebuah
merchandise yang bagus untuk menggaet pasar ini. Sebuah merchandise yang dapat
membantu si wanita untuk menghalau hujan di luar ruangan sekaligus terlihat
anggun dan profesional, tentu akan menarik bagi mereka.
Payung, sebagai alat yang
memiliki dua fungsi di atas (menghalau hujan dan menjadi media branding secara
tidak sadar), adalah sebuah pilihan yang tepat. Payung yang secara garis besar melambangkan ‘persiapan
dan kecantikan’ adalah sebuah merchandise yang dapat disukai oleh si wanita,
sekaligus menambah rasa percaya dirinya dalam menapaki hari-harinya.
Karena payung adalah sebuah alat
yang fungsinya menjadi alat perlindungna dari ganasnya air hujan, tentu
kualitas harus diperhatikan. Jangan sampai payung yang pada dasarnya memiliki
fungsi untuk melindungi justru mudah rusak dan merepotkan orang yang
memilikinya. Payung dengan gagang yang kuat dan rangka yang mampu menahan angin
kencang, tentu merupakan payung dambaan keluarga Indonesia, termasuk oleh
wanita dewasa.
Selain itu, payung merchandise
juga harus menampilkan desain yang cantik, dengan beberapa sentuhan warna yang
lembut, dan memberikan kesan feminim yang kental. Mengapa? Karena sifat dasar
para wanita dewasa adalah untuk menjaga branding diri mereka sebagai wanita
cantik, tentu mereka tidak akan mau mengenakan merchandise yang memiliki kesan
tidak selaras dengan brand image diri yang coba mereka bangun. Karena itu,
visual juga adalah salah satu faktor penting untuk merchandise ini.
Para wanita akan merasa puas
dengan merchandise yang diberikan perusahaan, dan para teman dari wanita pun
bisa menerima merchandise payung ini, hingga akhirnya, produk perusahaan pun
memiliki kesempatan yang besar untuk memasuki top of mind dari mereka.
Namun untuk memaksimalkan
merchandise ini, perusahaan juga harus memperhatikan faktor-faktor penting
sebagai berikut:
1. Pastikan kualitas dari merchandise payung
Perusahaan harus
memahami bahwa payung adalah alat yang digunakan untuk ‘melindungi’, artinya
kekuatan dan kualitasnya tidak boleh sembarangan.
2. Arahkan visual payung sesuai karakter pasar
Seperti apa pasar
perusahaan? Bagaimana karakteristik mereka? Hal itu harus menjadi landasan
dalam produksi payung promosi, agar nantinya kegiatan promosi dapat berjalan
sepert yang diharapkan oleh perusahaan.
Kesimpulan dari artikel ini
adalah, payung promosi merupakan merchandise yang sangat cocok untuk konsumen
wanita dewasa. Namun kita tetap harus memperhatikan berbagai hal penting agar
membuat konsumen bahagia dan nyaman dengan kita, sekaligus semakin mencintai
brand perusahaan kita.