Sebagian besar dari
Anda pasti pernah menggunakan souvenir perusahaan, merchandise,
atau sejenisnya untuk perusahaan, organisasi ataupun komunitas yang Anda ikuti.
Mulai dari yang paling sederhana seperti pulpen hingga souvenir perusahaan
istimewa seperti souvenir tumbler indigo ataupun souvenir ballpoint dengan
bahan dan packaging yang eksklusif.
Namun dalam
konteksnya sebagai media promosi, pertanyaan penting yang perlu kita jawab
adalah souvenir perusahaan seperti apa yang mampu menjadi media promosi yang
baik bagi perusahaan kita?. Sebagai bagian marketing ataupun Public relation
yang biasanya mendapatkan tugas atau tanggungjawab untuk mengurusi hal tersebut,
tentu perlu memikirkan hal ini dengan lebih cermat.
Karena tentu
saja, memilih dan memutuskan souvenir perusahaan yang akan digunakan bukan
sekedar bicara tentang pemasaran, namun hal ini juga erat kaitannya dengan
masalah keuangan. Dalam bisnis ataupun organisasi prinsipnya selalu sama,
setiap sen yang dikeluarkan harus bisa digunakan untuk mendapatkan keuntungan
atau manfaat yang semaksimal mungkin. Betul?
Maka dari itu
untuk membantu Anda dan tim dalam memutuskan souvenir perusahaan apa yang akan
digunakan sebagai media promosi. Kami, Cera Production telah mengumpulkan 8
Faktor keberhasilan dalam penggunaan souvenir perusahaan sebagai media promosi.
1.
Target Market Yang Tepat
Dalam perumusan strategi pemasaran apapun, menilik siapa target
market dari perusahaan kita adalah hal pertama yang perlu kita perhatikan.
Sehebat apapun strategi yang dibuat, sekreatif apapun kampanye dilakukan, atau
sebagus apapun souvenir perusahaan yang diberikan jika ditujukan kepada target
market yang salah maka hasilnya tidak akan maksimal atau bahkan nol besar.
Mulai dari mendefinisikan siapa target atau penerima souvenir
perusahaan yang disasar. Lalu pilihlah souvenir yang memang pas untuk kalangan
mereka. Misalkan saja souvenir gelang kulit tentu akan lebih pas jika ditujukan
untuk target kalangan muda. Atau souvenir mug yang akan sangat tepat ditujukan
untuk kalangan dewasa.
2.
Relevan dan Memperkuat Citra
Perusahaan
Pernah dengar salah satu strategi perang Sun Tzu “Kenali Dirimu Dan Siapa Musuhmu”. Nah
dalam hal memilih souvenir perusahaan pun sama, kita harus mengenali siapa
perusahaan kita. Image atau citra seperti apa yang perusahaan miliki atau ingin
ciptakan?. Barulah memilih souvenir perusahaan yang relevan dan memperkuat
citra perusahaan.
Misalkan saja, perusahaan Anda adalah perusahaan yang bergerak di
bidang kesehatan atau kebugaran tubuh seperti fitness, herbal, klinik dan
sebagainya. Maka souvenir yang Anda pilih harus bisa memperkuat citra
perusahaan Anda sebagai perusahaan yang peduli terhadap kesehatan misalkan
souvenir handuk olahraga, souvenir gym bag, souvenir tumbler dan lain
sebagainya.
3.
Menunjukan Identity
Sebagai media promosi, tentunya kita ingin bahwa orang lain terutama
penerimanya tahu bahwa souvenir perusahaan tersebut merupakan pemberian dari
perusahaan kita. Sehingga pemasangan identity perusahaan baik itu berupa logo,
tulisan, warna dan sebagainya mutlak diperlukan
Namun tentunya memberikan idenitity dalam souvenir perusahaan ada
seninya. Dalam artian bukan berarti kita dapat seenaknya memasang logo ataupun
kalimat promosi di souvenir perusahaan tersebut. Kita harus tetap memperhatikan
desain yang lebih nyaman dipandang mata serta tidak terkesan terlalu
hardselling. Selengkapnya akan dikupas di point desain.
4.
Bermanfaat dan digunakan
sehari-hari
Dengan memberikan souvenir
perusahaan, tentunya kita berharap bahwa setidaknya penerima dan
orang-orang disekitarnya aware
terhadap perusahaan kita. Dengan melihat logo, warna, dan tulisan tentang
perusahaan kita mereka akan lebih familiar dan merasa dekat dengan brand
perusahaan. Dan selanjutnya tentu saja, jika mereka membutuhkan sesuatu yang
berhubungan dengan produk atau jasa yang kita jual, mereka akan meningat dan
membeli dari perusahaan kita.
Nah sehingga untuk mencapai hal tersebut maka sebisa mungkin,
pilihlah souvenir perusahaan yang bisa digunakan dan dilihat oleh target
audiens. Dan hamper dipastikan barang tersebut adalah barang yang bermanfaat
dan biasa digunakan sehari hari. Misalkan saja jika ia adalah seorang mahasiswa
atau pelajar maka pulpen bisa menjadi salah satu pilihan. Jika seorang pekerja
kantoran, souvenir kalender meja adalah pilihan cerdas.
5.
Bahan Berkualitas dan Desain Yang
Menarik
Bahan yang berkualitas akan membuat souvenir perusahaan kita beri
lebih awet. Desain yang menarik akan membuat souevenir tersebut sering-sering
digunakan. Keduanya adalah kombinasi yang sangat powerfull untuk membuat
souvenir perusahaan kita berhasil menjadi media promosi yang maksimal.
Dan tak hanya itu, tidak dipungkiri bahwa bahan dan desain dari
sebuah souvenir akan mencerminkan citra perusahaan. Sehingga perhatikan betul
kualitas dan desain souvenir perusahaan yang diberikan. Tentu anda tidak ingin
bukan citra perusahaan turun atau menjadi jelek karena souvenir perusahaan yang
tidak berkualitas.
6.
Relevan Dengan Event
Souvenir perusahaan pada umumnya diberikan ketika perusahaan
mengadakan event, seperti seminar, pameran, gathering, dan lain sebagainya. Hal
ini juga harus dijadikan pertimbangan bagi sebuah perusahaan dalam menentukan
souvenir perusahaan apa yang cocok dibagikan. Sesuai tema event dengan hadiah
yang diberikan. Semisal, pada saat mengadakan seminar tentu souvenir perusahaan
yang cocok dibagikan adalah barang-barang yang biasa dipaketkan dalam seminar
kit (ballpoint, blocknote, dan lainnya). Lain halnya jika event tersebut
bertemakan olahraga misalkan perusahaan mengikuti bazar saat Car Free Day, maka
souvenir perusahaan yang cocok di moment tersebut seperti souvenir handuk
olahraga, souvenir kaos kaki, souvenir bantal mobil dan lain-lain.
7.
Trend, Inovatif, Unik
Terakhir, yang bisa menjadi faktor keberhasilan souvenir perusahaan
sebagai media promosi adalah trend. Bisa juga sesuatu yang memiliki nilai
inovasi atau keunikan tersendiri. Contoh pengaruh tren terhadap souvenir
perusahaan, dahulu pembuka botol dan souvenir magnet kulkas banyak digunakan
dan disukai banyak orang sehingga banyak dijadikan souvenir perusahaan.
Sekarang, sudah jarang sekali orang yang menggunakan sehingga perusahaan pun
jarang yang menggunakan itu.
Beberapa
tahun yang lalu muncul benda bernama powerbank yang kemudian menjadi benda yang
bermanfaat dan sering dibawa orang kemana-mana. Dan akhirnya dua tahun terakhir
ini pula souvenir powerbank menjadi souvenir
perusahaan yang banyak dipilih berbagai perusahaan.
Demikian artikel
kali ini. Semoga bermanfaat.