Anak perempuan adalah jiwa yang
senang bermain, terutama dalam permainan kehidupan. Sering kita melihat anak
perempuan dengan asik bermain-main dengan boneka, menjalankan peran kehidupan,
dan mereka menikmatinya. Pembelajaran inilah, yang kemudian membuat anak
perempuan adalah mahluk yang senang berimajinasi dengan sebuah benda.
Karenanya, mereka lekat dengan boneka, termasuk boneka yang dapat diganti
bajunya.
Karena itu, bayangkan bila boneka
kesayangan anak-anak lucu itu mengenakan baju yang menunjukan brand perusahaan.
Tentu menarik bukan? Secara tak sadar, anak-anak kecil itu akan mengingat logo
perusahaan (meskipun tidak langsung merujuk pada nama dan produk dari brand
kita). Di lain pihak, orangtua yang biasa membantu si anak membersihkan
mainannya pun, akan mudah mengingat brand yang ada di dalam boneka. Bahkan,
mungkin boneka akan diberi nama seperti yang tertulis di baju boneka tersebut.
Dengan kata lain, boneka itu diberi nama brand kita! Mengasikkan bukan?
Boneka, dengan fungsinya sebagai
manifestasi imajinasi si anak perempuan, akan menjadi sahabat baik untuk si
anak. Apalagi dengan fungsinya yang mengenakan pakaian, tentu akan membuat si
anak merasa bisa berkreatifitas dengan boneka itu. Menarik dan menantang! Itulah yang mungkin dipikirkan oleh si anak.
Karena boneka adalah alat untuk
bermain, maka dia memiliki potensi untuk rusak lebih cepat. Mungkin dibanting,
mungkin diperebutkan dua orang anak perempuan, atau bahkan mungkin diusili oleh
anak laki-laki yang memang jahil terhadap si pemilik. Karena itu, supaya anak
menyukai boneka, sekaligus kegiatan promosi dapat berjalan lama dalam jangka
waktu yang panjang, maka kualitas boneka harus diperhatikan. Perusahaan harus
memproduksi boneka dengan kualitas yang baik.
Selain itu, boneka juga harus
memiliki standar visual yang bagus. Karena fungsinya sebagai mainan, maka dia
harus memiliki daya tarik terhadap para anak perempuan. Ingat, boneka merupakan
representasi dari imajinasi si anak. Kita tidak ingin merusak daya imajinasi
hebat sang anak perempuan bukan?
Anak-anak akan merasa nyaman
dengan boneka yang sejatinya merupakan merchandise dari perusahaan. Orangtua
pun merasa si anak mendapatkan dunianya. Hingga akhirnya, para orangtua secara
tak sadar meningkatkan trustnya kepada perusahaan.
Namun untuk memaksimalkan
merchandise boneka ini agar benar-benar memenangkan hati konsumen, tentulah
tidak mudah. Kita harus memperhatikan faktor-faktor penting berikut:
1. Pastikan keindahan boneka
Seperti yang
sudah kita bahas, kita harus sadar bahwa boneka adalah alat mainan si anak yang
merupakan perwujudan dari daya imajinasi si anak. Karenanya, keindahan yang
paten, adalah sebuah keharusan.
2. Jaga kualitas handuk
Kualitas juga
menjadi hal penting yang tidak boleh dikesampingkan. Pastikan boneka dibuat
dengan kuat dan tidak mudah rusak. Terutama bagian mata dan rambut, yang
seringkali rusak.
Kesimpulan dari artikel ini
adalah, boneka merupakan merchandise yang sangat cocok untuk konsumen anak-anak
kecil. Namun kita tetap harus memperhatikan berbagai hal penting agar membuat
konsumen bahagia dan nyaman dengan kita, sekaligus semakin mencintai brand
perusahaan kita.
Gambar : Lalamakan craft