Saat seorang wanita sudah
beranjak dewasa, tentu kebiasaan-kebiasaan dan cara dia memandang hidup sudah
berbeda. Seorang wanita dewasa akan lebih mementingkan fungsionalitas dari
sebuah barang, dibanding visualnya secara keseluruhan. Namun, bukan berarti
mereka akan mengesampingkan nilai estetika dari barang itu begitu saja. Seorang
wanita dewasa akan selalu memperhatikan bentuk dari barang promosi itu.
Fashionable, adalah kunci kedua dari merchandise promosi yang berpotensi untuk
disukai oleh mereka.
Karenanya, sebuah merchandise
yang mengandung fungsi dan memiliki bentuk unik serta lucu adalah sebuah
merchandise yang bagus untuk menggaet pasar ini. Sebuah merchandise yang dapat
membantu si wanita untuk menyimpan kartu nama penting dari rekan bisnis dan
keluarga serta membuat mereka terlihat anggun dan profesional, tentu akan
menarik bagi mereka.
Card holder, sebagai alat yang
memiliki dua fungsi di atas (menyimpan kartu nama dan menjadi media branding
secara tidak sadar), adalah sebuah pilihan yang tepat. Card holder yang secara garis besar melambangkan ‘teratur dan
rapi’ adalah sebuah merchandise yang dapat disukai oleh si wanita, sekaligus
menambah rasa percaya dirinya dalam menapaki hari-harinya.
Karena tempat kartu adalah sebuah
alat yang fungsinya sebagai alat menyimpan kartu nama yang kemungkinan penting
bagi si wanita, tentu kualitas harus diperhatikan. Jangan sampai merchandise
yang pada dasarnya dibuat sebagai pelindung kartu nama, justru tidak kuat dan
mudah rusak. Tentu hal ini akan sangat kontras dengan fungsinya. Tempat kartu
nama, seharusnya mampu melindungi dirinya sendiri dan kartu nama yang disimpan
di dalamnya.
Selain itu, card holder juga
harus menampilkan desain yang cantik, dengan beberapa sentuhan warna yang
lembut, dan memberikan kesan feminim yang kental. Mengapa? Karena sifat dasar
para wanita dewasa adalah untuk menjaga branding diri mereka sebagai wanita
cantik, tentu mereka tidak akan mau menyimpan merchandise yang memiliki kesan
tidak selaras dengan brand image diri yang coba mereka bangun. Karena itu,
visual juga adalah salah satu faktor penting untuk merchandise ini.
Para wanita akan merasa puas
dengan merchandise yang diberikan perusahaan, dan para teman dari wanita pun
bisa menerima merchandise card holder ini, hingga akhirnya, produk perusahaan
pun memiliki kesempatan yang besar untuk memasuki top of mind dari mereka.
Namun untuk memaksimalkan
merchandise ini, perusahaan juga harus memperhatikan faktor-faktor penting
sebagai berikut:
1. Pastikan kualitas dari card holder
Perusahaan harus
memahami, bahwa tugas utama sebuah card holder adalah menjaga kartu nama. Untuk
bisa melakukan ‘tugasnya’ itu, tentu card holder harus memiliki kualitas yang
dapat dipertanggungjawabkan.
2. Arahkan visual card holder sesuai karakter pasar
Sekali lagi, masa
dewasa adalah masa di mana branding diri sebagai sesuatu yang penting, arahkan
card holder sebagai media pembentuk citra diri untuk pasar, sehingga mereka
nyaman dengan merchandise ini.
Kesimpulan dari artikel ini adalah,
tempat kartu nama merupakan merchandise yang sangat cocok untuk konsumen wanita
dewasa. Namun kita tetap harus memperhatikan berbagai hal penting agar membuat
konsumen bahagia dan nyaman dengan kita, sekaligus semakin mencintai brand
perusahaan kita.