Mengembangkan sebuah
perusahaan untuk menjadi semakin besar dan dikenal oleh masyarakat luas
tentunya memerlukan strategi yang tepat. Dengan adanya strategi, perusahaan
sudah tahu langkah apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan yang sudah
ditentukan. Strategi untuk mengembangkan perusahaan berkaitan dengan berbagai
aspek seperti human resource, produk
dan pemasaran atau marketing.
Salah satu strategi yang
dapat dilakukan untuk mengembangkan perusahaan yaitu dengan campaign atau kampanye promosi. Pada
umumnya sebuah perusahaan melakukan campaign
untuk meningkatkan brand awareness terhadap
masyarakat yang belum mengetahui produk atau jasa mereka. Agar tujuan tersebut
tercapai, perusahaan harus menentukan campaign
yang sesuai dengan target audiens.
Campaign #Terimakasih adalah salah satu ide yang dapat Anda lakukan. Ungkapan terima
kasih dapat Anda tujukan untuk orang-orang yang berjasa bagi perusahaan seperti
karyawan, mitra bisnis, klien atau pelanggan. Tujuh fakta tentang ungkapan #Terimakasih ini dapat meyakinkan Anda bahwa ungkapan tersebut mampu
mengembangkan perusahaan Anda.
"Every company’s greatest assets are its customers, because without customers there is no company." – Michael LeBoeuf
Kutipan buku ‘How to Win
Customers and Keep Them for Life’ tersebut mengungkapkan bahwa pelanggan adalah
aset yang penting dalam sebuah perusahaan. Oleh karena itu, berikan pelayanan
terbaik dan ucapkan terima kasih atas kepercayaan mereka terhadap perusahaan
Anda.
Ancaman atau paksaan yang dilakukan oleh atasan ternyata membuat karyawan tidak inovatif dan kreatif, bahkan menurunkan kinerjanya.
Karen Sedatole, peneliti dan
profesor di Michigan State University, menjelaskan karyawan yang menerima
hadiah akan bekerja keras, lebih produktif dan secara otomatis berpotensi
meningkatkan keuntungan perusahaan. Sebaliknya, karyawan yang dikenai hukuman
cenderung tidak percaya pada supervisor sehingga kurang bekerja keras.
Dibanding memberikan hukuman yang justru merugikan, lebih baik motivasi karyawan Anda dengan memberikan hadiah sebagai ungkapan terima kasih.
“Lihatlah pelanggan layaknya seorang tamu yang diundang ke pesta, dan Anda merupakan tuan rumahnya. Ini tugas kita setiap hari untuk menjamin setiap pengalaman yang dirasakan pelanggan menjadi lebih baik.” - Jeff Bezos, CEO of Amazon.com.
Salah satu cara untuk menghadirkan pengalaman terbaik pada pelanggan adalah
dengan memberikan hadiah sebagai ungkapan rasa terima kasih.
Sebuah survei di Globoforce Amerika mengungkapkan bahwa 67% karyawan termotivasi apabila mendapatkan pujian dari atasan mereka.
Anda pun dapat memotivasi karyawan Anda agar lebih produktif bekerja dengan
memberikan hadiah ungkapan #terimakasih.
Sebuah artikel di startupbisnis.com menjelaskan bahwa dengan mengucapkan terima kasih kepada klien, bahkan hanya melalui telepon, dapat meningkatkan bisnis Anda sebanyak 17%.
Hasil penelitian yang diterbitkan Psycho’ical Science mengungkapkan bahwa ucapan terima kasih mampu menguatkan sebuah hubungan komunikasi dan tingkat kepuasan seseorang.
Memberi hadiah adalah simbol untuk menjalin hubungan, kedekatan dan kekerabatan. Di Jepang terdapat budaya Ochugen dan Oseibo yang dilakukan dengan bertukar hadiah sebagai ungkapan terima kasih antar sesama rekan kerja, teman atau kerabat.
Selain diucapkan secara langsung, ungkapan #Terimakasih akan lebih berkesan jika dinyatakan bersamaan dengan hadiah istimewa. Anda dapat memberikan hadiah seperti souvenir perusahaan untuk karyawan, mitra bisnis, klien atau pelanggan Anda.
Butuh produsen souvenir perusahaan? Temukan di ceraproduction.com atau hubungi kami di (0274) 4477 635.