“Manusia lebih mudah mengingat gambar daripada tulisan.” – Shepard
Shepard merupakan salah
satu peneliti yang menunjukkan bahwa pengenalan seseorang terhadap material
visual sangat tinggi. Ia membuktikannya dengan memperlihatkan 612 gambar secara
berulang kali kepada subyek. Dua jam kemudian dilakukan pengujian dan hasilnya
mereka mampu mengenali gambar-gambar tersebut dengan sempurna. Namun ketika
gambar diubah menjadi kata, hasilnya tidak begitu tinggi. Hal tersebut
menandakan bahwa imagery visual (pembayangan
visual) memungkinkan memberi kode memori yang efektif, sehingga orang akan
lebih mudah mengenali gambar daripada tulisan.
Hasil penelitian di atas
dapat diterapkan untuk memaksimalkan fungsi souvenir perusahaan sebagai
media untuk meningkatkan brand awareness
masyarakat terhadap produk atau jasa perusahaan. Penerapan seperti apa yang
dimaksud? Jenis souvenir perusahaan yang telah dipilih, diaplikasikan dengan
desain yang menarik yaitu berupa gambar.
Lalu, tidak bolehkah
memasukkan unsur teks dalam desain? Tentu saja boleh, namun usahakan gambar
menjadi hal pertama ditangkap oleh mata audiens ketika melihat souvenir perusahaan. Sementara itu, teks dapat dimasukkan ke dalam
desain sebagai unsur pendukung dan penjelas.
Pemilihan gambar untuk souvenir perusahaan juga harus memperhatikan beberapa hal yaitu
kesesuaian gambar dengan karakteristik perusahaan, target audiens dan pesan
yang ingin disampaikan. Beberapa klien Cera Production telah
mengaplikasikan prinsip tersebut dalam desain souvenir perusahaan
mereka. Mari simak dan jadikan referensi untuk souvenir perusahaan
Anda sendiri.
Paper
bag selain sebagai packaging, juga memiliki nilai tambah lain berupa tampilan.
Desain tampilan yang bagus dan unik akan menjadi keuntungan dari segi promosi
karena akan semakin menarik perhatian orang yang melihatnya.
Bank
Kaltim pun juga memiliki strategi tersendiri untuk menarik nasabah barunya
yaitu dengan membagikan paper bag. Paper bag Bank Kaltim didesain dengan apik dan
kualitas bahan terbaik sehingga menciptakan kesan eksklusif. Tampilan paper bag
tersebut berupa foto dan dilengkapi dengan teks untuk informasi pendukung. Keseluruhan
konten dalam paper bag tersebut dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan
tentang kemudahan dan layanan yang didapat oleh nasabah Bank Kaltim.
Souvenir Tumbler Milik
Tambang Emas Martabe
Selain sebagai
tempat membawa air minum, tumbler dapat dimanfaatkan sebagai media promosi yang
menarik bagi anak-anak. Seperti halnya G-resources, pengelola Tambang Emas
Martabe, yang memilih tumbler exo sebagai souvenir perusahaannya. Mereka mengcustom
gambar tumbler dengan karakter kartun bertema “Sahabat Tambang Emas Martabe” yang
diharapkan mudah diterima oleh anak-anak. Dibalik pemiihan gambar tumbler
tersebut, G-resources ingin mengedukasi
masyarakat melalui anak-anak tentang sistem pertambangan yang mereka jalankan
yaitu sistem pertambangan yang berjalan baik, mematuhi undang-undang dan ramah
lingkungan.
Payung
sebagai media promosi memiliki keuntungan yang cukup besar karena penggunaannya
di luar ruangan. Apalagi jika didukung oleh desain dan pemilihan warna yang
bagus, payung akan menjadi media yang menarik perhatian orang-orang. Keuntungan
itulah yang diambil oleh PT. PP sehingga memilih payung sebagai souvenir
perusahaan. Mereka membagikan souvenir tersebut kepada seluruh mitra kerja
sebagai ucapan terima kasih dalam rangka memperingati hari jadinya.
Sudah mendapat ide desain
untuk souvenir perusahaan Anda? Konsultasikan segala kebutuhan souvenir perusahaan Anda dengan kami, hubungi staf marketing ceraproduction.com melalui (0274) 4477635 |XL/Axis :
087839951539|Indosat/Im3 : 085842351335 (WhatsApp) | Telkomsel : 085100255152 |
BBM : 53272D79 | Email: cera.production@gmail.com atau
marketing@ceraproduction.com