Kamis, 27 Juni 2013

Bagaimana Menyenangkan Hati Konsumen Anda?

Bagi sebuah perusahaan, konsumen adalah faktor yang sangat penting. Bahkan, ada sebuah idiom yang mengatakan bahwa konsumen adalah raja dan konsumen selalu benar. Memang, sebuah perusahaan yang menghargai konsumennya dengan lebih baik, bisa dibilang perusahaan itu akan memiliki masa depan yang cerah.

Penghargaan terhadap konsumen ini dibuktikan lewat pelayanan yang terus ditingkatkan oleh berbagai perusahaan. Untuk kasus Bank misalnya, bagian security yang dulunya terkenal dengan tampang seram dan menunjukan wajah seram pun, kini sudah diharuskan untuk sekaligus menjadi customer service bagi nasabah ataupun pengunjung yang mendatangi Bank. Hal itu menunjukan bahwa Bank menghargai tinggi konsumen yang menggunakan layanannya.


Di sisi lain, ada juga penghargaan kepada konsumen berupa tata cara yang ramah dan kesabaran dalam menjawab pertanyaan. Hal ini contohnya ada pada perusahaan-perusahaan swasta telekomunikasi, yang dimana TOSnya untuk para customer service via telepon adalah tidak boleh CS itu menutup telepon terlebih dahulu daripada pelanggan. Dan setiap kemarahan dari pelanggan pun harus ditanggapi dengan tenang dan tidak boleh marah. Hal itu menunjukan konsumen adalah sosok yang dihormati oleh perusahaan.

Lalu, cukupkah sampai di sana saja bentuk penghargaan untuk konsumen? Tentu saja tidak, ada banyak sekali cara untuk menyenangkan hati konsumen. Salah satu metode untuk membuat konsumen senang kepada perusahaan dan merasa nyaman dengan perusahaan adalah dengan memberikan mereka hadiah berupa souvenir atau merchandise yang bermanfaat.

Misalkan, kita membagikan payung cantik kepada konsumen dan pelanggan setia kita dengan metode tertentu yang membuat mereka nyaman. Tentu hal ini akan membuat konsumen senang, karena mendapatkan barang secara gratis, dan sekaligus barang itu memberikan manfaat secara langsung untuk kehidupan konsumen.

Selain payung, kita bisa juga membagikan jam, mug, kalender, dan barang-barang souvenir lainnya. Hal ini jelas akan membuat konsumen kembali pada kita, dengan pendekatan yang tepat tentunya.

Membagikan barang memang menyenangkan, tapi bagaimana dengan perusahaan? Bisa-bisa perusahaan nanti bangkrut hanya demi menyenangkan konsumen? Tentu saja, perusahaan harus menghitungnya dengan teliti. Dan di sisi lain, perusahaan pun sebenarnya mendapatkan keuntungan dari pembagian souvenir kepada konsumen ini. Karena souvenir-souvenir itu dapat disulap menjadi media promosi bagi perusahaan secara halus. Misalkan pada jam yang kita bagikan kepada konsumen, materi iklan di cetak di bagian dalam jam, dan saat konsumen memasang jam itu di rumahnya, lalu melihat waktu pada jam itu, maka otomatis materi iklan perusahaan akan terlihat. Sangat menguntungkan bukan?

Tentunya, untuk membuat souvenir promosi yang menarik ini, ada jasa-jasa yang melayaninya sendiri. Di Indonesia sudah banyak yang menawarkan jasa melayani pemesanan barang-barang promosi seperti ini. Namun tidak semuanya dapat diandalkan dan memberikan kualitas yang bagus. Salah satu yang dapat menjamin kualitas, harga, dan pelayanan yang memuaskan adalah Cera Production.

Sederhana bukan, dengan membagikan hadiah berupa souvenir kepada konsumen, kita akan menyenangkan konsumen sekaligus berpromosi. Sebuah pilihan yang menguntungkan tentunya. Sudahkah anda membagikan souvenir kepada pelanggan setia anda?