Jumat, 22 April 2016

Membangun Brand Identity dengan Souvenir Perusahaan

Brand Identity dalam artian yaitu identitas dari sebuah brand suatu perusahaan yang terbentuk dan bisa dengan sengaja dibentuk. Perlukah membentuk atau membangun sebuah brand itentity dari sebuah perusahaan ? Tentu sangat perlu bagi perusahaan membentuk brand identity, gunanya untuk membangun citra dan membuat kesan positif tentang hal yang berkaitan dengan perusahaan yang akan tertanam dibenak khalayak. Brand Identity tidak akan bisa lepas dari campur tangan sebuah perusahaan itu sendiri. Brand Identity sebuah perusahaan akan mempengaruhi kelangsungan hidup dari sebuah perusahaan. Bagi perusahaan yang baru, brand identity yang ada fokus pada pembentukan positioning dari nama sebuah perusahaan begitu dengan produk yang perusahaan produksi, sedangkan untuk perusahaan yang sudah lama dan sudah mendapatkan positioning di khalayak, yang perlu dilakukan yaitu mempertahankan positioning yang sudah ia dapatkan selama ini.



Perusahaan harus memiliki reputasi yang baik untuk mempertahankan positioning. Cara mempertahankan dapat dilakukan dengan berbagai cara . Salah satunya dilakukan melalui souvenir perusahaan. Menggunakan souvenir perusahaan sebagai tools merupakan cara yang cukup memakan biaya yang relatif terjangkau dan memberikan efek bisa kepada banyak orang . Tentunya, tidak semua orang diberi souvenir perusahaan dari perusahaan. Selain menggunakan souvenir perusahaan sebagai alat mempertahankan brand identity, perusahaan juga harus punya strategi , dimana perusahaan sudah merencanakan kepada siapa saja souvenir perusahaan tersebut akan diberikan.


Misalnya memilih souvenirperusahaan berupa kalender, dalam hal ini perusahaan harus menyediakan list konten apa saja yang harus ada dalam sebuah kalender tersebut, salah satunya foto – foto landmark dari daerah yang perusahaan tersebut  tinggal , atau bisa dengan dokumentasi kegiatan yang dilakukan perusahaan seperi kegiatan Social Responbility perushaaan. Dengan begitu khalayak akan memiliki pemikiran mengenai seperti apa benefit dan image dari perusahaan tersebut.
Selain menggunakan kalender, pemilihan cara membangun brand idenity dapat dilakukan dengan cara visual, yaitu dengan menaruh logo secara visual di berbagai macam souvenir perusahaan yang bermanfaat atau useful. Seperti payung yang cocok digunakan saat hujan atau panas terik matahari. Juga souvenir perusahaan yang lain misalnya : gantungan kunci, kaos, jam dinding, gelang kulit, usb flash disk, dan lain sejenisnya.
Penampilan logo suatu perusahaan pada gelas juga dapat membuat kesan tertentu pada target yang diberi gelas sebagai gift dari perusahaan. Dengan ini target mengetahui brand perusahaan dan mengingatnya.

Membangun brand identity dengan memilih media souvenir perusahaan sebagai alat merupakan cara yang tepat, dimana harga yang cukup terjangkau dan mampu memberikan kesan bagi penerimanya. Penerima memiliki kesan yang cukup baik karena bisa mendapatkan hadiah dari suatu perusahaan ternama, demikian dengan perusahaan memiliki kuntungan pula mendapatkan citra yang positif dari hal itu, apalagi ketika penerima hadiah membeberkan kepada pihak lain, atau istilahnya word of mouth .