Saat seorang pria sudah beranjak
dewasa, tentu kebiasaan-kebiasaan dan cara dia memandang hidup sudah berbeda.
Seorang pria dewasa akan lebih mementingkan fungsionalitas dari sebuah barang,
dibandingkan dengan sekedar gaya-gayaan saja. Selain itu, seorang pria dewasa
juga sudah memahami tentang branding diri dan fungsinya sebagai penunjang karir
atau kehidupannya. Dengan begitu, merchandise yang tepat untuk para pria ini
pun, tentu tidak jauh dari kedua hal di atas, yaitu fungsi dan media branding
diri.
Karenanya, sebuah merchandise
yang mengandung fungsi dan membentuk image diri di hadapan lingkungan, adalah
sebuah merchandise yang menarik dan bermanfaat bagi para pria ini. Sebuah
merchandise yang dapat membantu si pria untuk mengatur jadwal kegiatan
pentingnya, sekaligus untuk membuat dia terlihat elegan dan profesional, adalah
sebuah pilihan yang tepat baginya.
Buku agenda, sebagai alat yang
mampu melakukan hal-hal di atas (menulis dan mengatur kegiatan, serta terlihat
elegan) jelas menjadi salah satu pilihan merchandise yang pas untuk pria. Buku
agenda yang melambangkan ‘keteraturan dan kedisiplinan’ jelas akan memberikan
impact positif untuk pembangunan citra diri si pria di hadapan lingkungan.
Karena buku agenda adalah sebuah
alat berfungsi untuk menulis dan dibaca dalam berbagai kesempatan, artinya
kualitas dari buku agenda ini harus dijaga dengan baik. Jangan sampai buku
agenda ini mengalami kerusakan hanya karena satu atau dua kali kecelakaan kecil
yang memang sering terjadi pada buku kecil. Buku agenda harus kuat, karena
sekali lagi, buku ini bisa memberikan sumbangan untuk pembentuk branding diri.
Apabila buka agenda terkesan lemah, tentu tidak akan bagus untuk branding diri
si pria bukan?
Selain itu, buku agenda juga
harus menampilkan desain yang elegan, tidak terlalu ramai warnanya, dan
memberikan kesan profesional yang kental. Mengapa? Karena sifat dasar para pria
dewasa adalah untuk menjaga branding diri mereka, tentu mereka tidak akan mau
membawa buku agenda yang memiliki kesan tidak selaras dengan brand image diri
yang coba mereka bangun. Karena itu, visual juga adalah salah satu faktor
penting untuk merchandise ini.
Para pria akan merasa puas dengan
merchandise yang diberikan perusahaan, dan para pasangan dari pria pun bisa
menerima merchandise buku agenda ini, hingga akhirnya, produk perusahaan pun
memiliki kesempatan yang besar untuk memasuki top of mind dari mereka.
Namun untuk memaksimalkan
merchandise ini, perusahaan juga harus memperhatikan faktor-faktor penting
sebagai berikut:
1. Pastikan kualitas dari buku agenda
Karena buku
agenda adalah alat yang sering dikeluarkan dalam berbagai kesempatan,
kualitasnya pun harus dijaga agar tidak memalukan bagi pemilik, maupun
perusahaan yang berpromosi menggunakannya.
2. Arahkan visual buku agenda sesuai karakter pasar
Sekali lagi, masa
dewasa adalah masa di mana branding diri sebagai sesuatu yang penting, arahkan
buku agenda sebagai media pembentuk citra diri untuk pasar, sehingga mereka
nyaman dengan merchandise ini.
Kesimpulan dari artikel ini
adalah, buku agenda merupakan merchandise yang sangat cocok untuk konsumen pria
dewasa. Namun kita tetap harus memperhatikan berbagai hal penting agar membuat
konsumen bahagia dan nyaman dengan kita, sekaligus semakin mencintai brand
perusahaan kita.