Dunia usaha yang
semakin keras, memaksa berbagai perusahaan untuk semakin kreatif. Termasuk
salah satunya adalah kreatif dalam hal berpromosi. Mengandalkan Above the line promotion saja jelas
bukan pilihan yang tepat. Selain karena biayanya yang benar-benar mahal, juga
metode itu sudah terlalu mainstream untuk dijadikan satu-satunya cara promosi.
Harus ada sebuah metode lain yang ditempuh perusahaan demi mengaktifkan brand
(brand activation) agar tetap survive di kerasnya persaingan. Salah satu metode
promosi yang sekarang semakin sering dilirik adalah dengan souvenir atau
merchandise.
Souvenir atau
merchandise adalah sebuah media promosi yang menggunakan barang-barang yang
dipakai oleh orang-orang. Barang-barang itu kemudian diberi logo perusahaan
atau materi iklan agar mengingatkan orang-orang pada perusahaan. Biasanya,
souvenir ini akan diberikan gratis, sebagai cindera mata, atau juga sebagai
bonus atas pembelian besar-besaran dari konsumen. Yang intinya, souvenir
promosi ini akan memberikan keuntungan jangka panjang bagi perusahaan.
Tentunya ada banyak
pilihan souvenir yang dapat dipilih oleh perusahaan untuk berpromosi. Payung,
jam dinding, jam meja, mug, ballpoint, gantungan kunci, pin, glassware dan
banyak lainnya merupakan contoh dari souvenir promosi itu sendiri. Salah satu
yang paling banyak digunakan adalah souvenir gantungan kunci promosi.
Souvenir gantungankunci promosi adalah alat yang digunakan sebagai penanda kunci, karena dapat
direkatkan dengan kunci yang biasanya berbentuk kecil dan mudah hilang. Selain
itu, gantungan kunci juga berfungsi untuk mengumpulkan banyak kunci dalam satu
ikatan, yaitu souvenir gantungan kunci itu sendiri.
Ada banyak alasan
mengapa souvenir gantungan kunci promosi banyak digunakan. Yang pertama, karena
souvenir gantungan kunci relatif murah. Harganya biasanya tidak sampai 15ribu
per piecesnya. Sebuah harga yang murah untuk kategori souvenir promosi.
Yang
kedua, karena souvenir gantungan kunci sangat dibutuhkan orang-orang. Hampir
semua orang memiliki kunci, dan mereka pasti tidak akan menolak apabila
mendapatkan souvenir gantungan kunci secara gratis. Dan yang ketiga adalah,
karena souvenir gantungan kunci memiliki mobilitas yang tinggi, sehingga
potensi viral dari souvenir gantungan kunci promosi murah ini sangat besar
sekali. Banyak orang akan tidak sengaja melihat logo perusahaan / materi iklan
perusahaan secara tidak sengaja, dan tentunya hal ini akan menguntungkan
perusahaan. Terutama nantinya, bisa memberikan pengaruh yang baik untuk
menjadikan perusahaan sebagai top of mind
di benak pelanggan.
Jenis souvenir gantungan kunci promosi yang banyak
digunakan
Jenis souvenir
gantungan kunci promosi yang banyak digunakan sendiri ada beberapa. Sebenarnya
ada sangat banyak sekali tipe souvenir gantungan kunci yang dipakai, tapi jika
kita buat prioritas 3 gantungan kunci utama, maka yang keluar adalah
jenis-jenis ini:
1. Souvenir Gantungan kunci logam
Souvenir
gantungan kunci logam terbilang sebagai salah satu souvenir gantungan kunciyang paling banyak digunakan. Hal ini wajar, mengingat bentuk bahan bakunya
yang elegan dan melambangkan kemewahan. Juga karena awetnya sablon yang
ditempelkan di souvenir gantungan kunci promosi murah itu. Biasanya, sosuvenir
gantungan kunci logam juga diberi tambahan aksesoris lecal yang membuatnya
makin terlihat elegan.
2. Souvenir Gantungan kunci acrylic
Souvenir
gantungan kunci acrylic merupakan gantungan kunci unik yang bisa diminta secara
detil berapa luasnya. Souvenir gantungan kunci ini juga menjanjikan bentuk yang
elegan dan mewah sebagai souvenir promosi.
3. Souvenir gantungan kunci karet
Biasanya,
souvenir jenis ini lebih diperuntukkan untuk pasar anak muda. Karena bentuknya
yang fleksibel mengesankan jiwa muda yang bebas dan kreatif. Meskipun bagi
sebagian kalangan tidak dianggap semewah souvenir gantungan kunci logam dan
acrylic.
Itulah tadi
pembahasan mengenai souvenir gantungan kunci promosi. Apakah anda tertarik
untuk berpromosi menggunakan souvenir gantungan kunci promosi?