Selasa, 23 Juli 2013

Souvenir Gantungan Kunci Promosi

Dunia usaha yang semakin keras, memaksa berbagai perusahaan untuk semakin kreatif. Termasuk salah satunya adalah kreatif dalam hal berpromosi. Mengandalkan Above the line promotion saja jelas bukan pilihan yang tepat. Selain karena biayanya yang benar-benar mahal, juga metode itu sudah terlalu mainstream untuk dijadikan satu-satunya cara promosi. Harus ada sebuah metode lain yang ditempuh perusahaan demi mengaktifkan brand (brand activation) agar tetap survive di kerasnya persaingan. Salah satu metode promosi yang sekarang semakin sering dilirik adalah dengan souvenir atau merchandise.


Souvenir atau merchandise adalah sebuah media promosi yang menggunakan barang-barang yang dipakai oleh orang-orang. Barang-barang itu kemudian diberi logo perusahaan atau materi iklan agar mengingatkan orang-orang pada perusahaan. Biasanya, souvenir ini akan diberikan gratis, sebagai cindera mata, atau juga sebagai bonus atas pembelian besar-besaran dari konsumen. Yang intinya, souvenir promosi ini akan memberikan keuntungan jangka panjang bagi perusahaan.

Tentunya ada banyak pilihan souvenir yang dapat dipilih oleh perusahaan untuk berpromosi. Payung, jam dinding, jam meja, mug, ballpoint, gantungan kunci, pin, glassware dan banyak lainnya merupakan contoh dari souvenir promosi itu sendiri. Salah satu yang paling banyak digunakan adalah souvenir gantungan kunci promosi.

Souvenir gantungankunci promosi adalah alat yang digunakan sebagai penanda kunci, karena dapat direkatkan dengan kunci yang biasanya berbentuk kecil dan mudah hilang. Selain itu, gantungan kunci juga berfungsi untuk mengumpulkan banyak kunci dalam satu ikatan, yaitu souvenir gantungan kunci itu sendiri.
Ada banyak alasan mengapa souvenir gantungan kunci promosi banyak digunakan. Yang pertama, karena souvenir gantungan kunci relatif murah. Harganya biasanya tidak sampai 15ribu per piecesnya. Sebuah harga yang murah untuk kategori souvenir promosi. 

Yang kedua, karena souvenir gantungan kunci sangat dibutuhkan orang-orang. Hampir semua orang memiliki kunci, dan mereka pasti tidak akan menolak apabila mendapatkan souvenir gantungan kunci secara gratis. Dan yang ketiga adalah, karena souvenir gantungan kunci memiliki mobilitas yang tinggi, sehingga potensi viral dari souvenir gantungan kunci promosi murah ini sangat besar sekali. Banyak orang akan tidak sengaja melihat logo perusahaan / materi iklan perusahaan secara tidak sengaja, dan tentunya hal ini akan menguntungkan perusahaan. Terutama nantinya, bisa memberikan pengaruh yang baik untuk menjadikan perusahaan sebagai top of mind di benak pelanggan.


Jenis souvenir gantungan kunci promosi yang banyak digunakan
Jenis souvenir gantungan kunci promosi yang banyak digunakan sendiri ada beberapa. Sebenarnya ada sangat banyak sekali tipe souvenir gantungan kunci yang dipakai, tapi jika kita buat prioritas 3 gantungan kunci utama, maka yang keluar adalah jenis-jenis ini:

1.       Souvenir Gantungan kunci logam
Souvenir gantungan kunci logam terbilang sebagai salah satu souvenir gantungan kunciyang paling banyak digunakan. Hal ini wajar, mengingat bentuk bahan bakunya yang elegan dan melambangkan kemewahan. Juga karena awetnya sablon yang ditempelkan di souvenir gantungan kunci promosi murah itu. Biasanya, sosuvenir gantungan kunci logam juga diberi tambahan aksesoris lecal yang membuatnya makin terlihat elegan.

2.       Souvenir Gantungan kunci acrylic
Souvenir gantungan kunci acrylic merupakan gantungan kunci unik yang bisa diminta secara detil berapa luasnya. Souvenir gantungan kunci ini juga menjanjikan bentuk yang elegan dan mewah sebagai souvenir promosi.

3.       Souvenir gantungan kunci karet
Biasanya, souvenir jenis ini lebih diperuntukkan untuk pasar anak muda. Karena bentuknya yang fleksibel mengesankan jiwa muda yang bebas dan kreatif. Meskipun bagi sebagian kalangan tidak dianggap semewah souvenir gantungan kunci logam dan acrylic.


Itulah tadi pembahasan mengenai souvenir gantungan kunci promosi. Apakah anda tertarik untuk berpromosi menggunakan souvenir gantungan kunci promosi?