Selasa, 07 Januari 2014

Tips Memaksimalkan Promosi dengan Media Merchandise



Beberapa orang mempercayai jika promosi yang menggunakan biaya yang besar akan berdampak lebih efektif ketimbang yang bermodalkan biaya kecil. Biaya besar ataupun kecil sebenarnya sama saja, asalkan dilakukan dengan langkah yang benar dan tepat.


Jadi, dengan biaya kecil pun, Anda bisa membuat promosi Anda efektif asalkan langkahnya tepat. Salah satu langkah yang dapat ditempuh adalah memilih media kampanye yang sesuai. Begitu juga dengan promosi yang berbiaya besar namun digarap dengan asal-asalan, akan berdampak tidak efektif.

Jika bujet promosi yang Anda miliki tidak banyak, Anda dapat menggunakan media promosi dengan harga terjangkau namun tetap efektif membidik target pasar Anda. Salah satu media dengan biaya terjangkau adalah merchandise. Merchandise terdiri dari berbagai macam jenis, sehingga Anda bisa memilih sendiri merchandise yang akan Anda pakai sebagai media promosi.

Meski biayanya murah, namun merchandise selama ini terbukti efektif dalam mempromosikan brand kepada target pasar. Nah, sekarang pertanyaannya, bagaimana caranya memaksimalkan promosi dengan media merchandise? Berikut akan dipaparkan beberapa point utama di artikel ini.


 
1.      Pilih merchandise yang cocok/sesuai dengan perusahaan

Merchandise terdiri dari berbagai jenis, mulai dari yang berukuran kecil seperti gantungan kunci dan pin hingga yang berukuran besar seperti payung. Namun, tidak semua merchandise tersebut cocok untuk mempromosikan brand perusahaan Anda. Pilih merchandise yang sesuai dengan bidang perusahaan Anda. 

2.      Desain merchandise secara menarik

Desain adalah kunci utama promosi Anda, karena desain yang baik akan membuat orang senang dan tertarik melihatnya, dengan begitu konten promosi Anda akan dilihat oleh si target pasar. Untuk itu, Anda harus mendesain sebaik mungkin merchandise promosi Anda. Jika Anda memiliki hambatan dalam hal ini, Anda dapat menggunakan jasa desain yang biasanya disediakan oleh produsen merchandise promosi.

3.     Tuliskan Informasi secara lengkap

Kelengkapan informasi dalam merchandise promosi yang Anda berikan juga menentukan keberhasilan promosi. Informasi disini adalah identitas perusahaan atau bisa juga konten promosi. Kelengkapan informasi tersebut akan mempermudah target pasar untuk menghubungi Anda ketika mereka tertarik dengan brand perusahaan Anda.

Produsen merchandise promosi biasanya memberikan bantuan kepada klien agar promosinya berjalan lebih efektif, seperti membantu memilihkan media promosi yang cocok, memberi masukan terhadap desain dan konten promosi yang ditampilkan.

Cera Production, adalah salah satu produsen merchandise promosi yang menyediakan jasa tersebut. Hal ini dilakukan Cera dalam rangka memberikan pelayanan yang terbaik untuk kliennya, seperti yang bisa dilihat dari visi yang diusung Cera yakni 'Maximize Your Promotion'.