Kamis, 09 Juni 2016

5 Tips Branding Menggunakan Souvenir Perusahaan

Hampir seluruh pemilik perusahaan tentu akan sepakat bahwa aktifitas branding sangat penting bagi perusahaan. Tujuannya jelas agar publik dapat mengenal produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut, dan pada akhirnya mereka menggunakannya secara terus menerus. Lalu, bagaimana cara dan proses untuk mengenalkan perusahaan ini? Banyak cara untuk mengenalkan perusahaan kepada khalayak. Salah satunya adalah dengan menggunakan souvenir berlogo perusahaan atau biasa disebut dengan souvenir perusaahan, souvenir promosi atau juga merchandise promosi perusahaan.

Sehari-hari kita banyak menjumpai berbagai souvenir dari banyak sekali perusahaan. Aktifitas branding dengan menggunakan souvenir perusahaan pun sudah tak asing lagi. Namun, bagaimana tips branding dengan menggunakan souvenir perusahaan agar promosi ini efektif?
 Souvenir perusahaan sebagai oleh-oleh / cinderamata
Buatlah souvenir perusahaan dengan desain logo dan tagline perusahaan yang diaplikasikan kedalam mug, tas kecil, bolpoin, dompet, atau flash disk. Jadikan barang-barang tersebut sebagai cinderamata, pada berbagai macam acara. Carilah informasi acara-acara yang diselenggarakan oleh berbagai instansi. Contohnya, seminar, workshop, family day, atau acara sosial. Ambillah kesempatan tersebut untuk branding perusahaan, dengan cara memberikan goody bag, berisi souvenir perusahaan. Semakin banyak acara yang diikuti, semakin besar pula kesempatan untuk mengenalkan perusahaan.
 Souvenir perusahaan sebagai Hadiah Lomba
Siapa yang tak senang mendapatkan hadiah? Semua orang merasa senang jika mendapatkan souvenir perusahaan secara gratis. Maka bagikanlah souvenir perusahaan sebagai hadiah kepada masyarakat. Proses membagikan souvenir perusahaan sebagai hadiah bisa dikemas dalam bentuk lomba sehingga akan ada enggagement antara masyarakat dengan perusahaan. Tentu hal tersebut akan lebih bermakna bagi yang menerima dan perusahaan sebagai pemberi hadiah.
 Souvenir perusahaan sebagai Hadiah Langsung
Jika proses lomba dirasakan terlalu rumit, bisa saja anda membuat strategi dengan cara menggunakan souvenir perusahaan sebagai hadiah langsung. Strategi ini telah banyak digunakan perusahaan apalagi perusaahaan tersebut adalah produsen sebuah barang / produk. Strateginya adalah ketika masyarakat membeli produk perusahaan akan langsung mendapatkan hadiah menarik berupa souvenir perusahaan yang telah disiapkan sebelumnya. Dengan teknik tersebut tentu akan berpengaruh meningkatkan sales dan branding perusahaan diwaktu bersamaan.

 Pilih souvenir perusahaan sesuai Segmen
Sebelum memilih souvenir perusahaan yang akan anda pesan, pikirkan dahulu bentuknya. Sesuaikan souvenir dengan produk dan segmen masyarakat yang menggunakan produk tersebut. Jika produk diperuntukkan bagi kalangan pekerja kantoran yang selalu menggunakan perangkat komputer, buatlah souvenir berupa barang yang dapat digunakan pada perangkat komputer. Contohnya, flash disk atau modem. Jika produk ditujukan untuk masyarakat pengguna gadget, souvenir yang cocok adalah power bank, stylus, atau bahkan tongsis. Dengan barang-barang yang berguna, branding pun akan lebih efektif.
 Endorse produk souvenir perusahaan
Kini semakin marak teknik branding dengan cara endorse melalui sosial media. Endorse melalui sosial media ini memang cukup mudah. Anda hanya perlu menentukan siapa (endorser) yang memiliki relevansi dengan produk atau profil perusaahan anda. Kemudian anda dapat mengirimkan souvenir yang dimiliki oleh perusahaan anda untuk mereka review di akun sosial media mereka masing-masing.