Rabu, 08 Juni 2016

Souvenir Perusahaan ini Membuat Brand Perusahaan diingat dengan Baik

Bagi perusahaan, tentu brand yang baik merupakan sebuah tujuan yang harus dicapai. Dengan keberhasilan menancapkan kesan brand yang baik kepada masyarakat, maka berbagai keuntungan akan didapat. Beberapa keuntungan itu, misalkan saja pada penetrasi kepada pasar yang lebih mudah, tingkat penjualan yang bisa saja terdongkrak karena bagusnya brand, dan lain-lain.

Namun, untuk mencapai tingkat brand yang baik, tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Perlu usaha bertahun-tahun yang sabar, konsisten, dan hati-hati dalam usaha menancapkan brand itu. Salah satu tahapan awal yang harus dicapai untuk meraih impresi brand yang baik adalah: top of mind, atau kemudahan diingat brand itu di masyarakat.

Ya, sebelum kita benar-benar meraih kesan yang baik, minimal kita harus sudah mencapai tingkat berkesan terlebih dahulu. Dan supaya brand kita dapat berkesan bagi masyarakat, juga bukan perkara mudah. Meskipun bukan berarti mustahil juga.

Salah satu cara untuk membuat pasar audience dan konsumen mengingat brand perusahaan dengan baik adalah dengan memberikan media promosi yang baik. Salah satu media promosi itu, adalah Souvenir Perusahaan, atau bisa juga disebut corporate gift, atau bisa juga merchandise.

Mengapa Souvenir Perusahaan? Karena Souvenir Perusahaan, secara utilitas, merupakan alat yang memang dibutuhkan oleh keseharian manusia, sehingga akan terus digunakan. Dengan terus digunakan, Souvenir Perusahaan (yang otomatis sudah diberikan identitas perusahaan di dalamnya) akan membuat brand kita diingat. Bahkan, Souvenir Perusahaan dengan kecenderungan awet dan tahan lama serta terus digunakan dalam waktu yang lama, akan memberikan efek promosi jangka panjang yang menguntungkan bagi perusahaan.

Lalu, Souvenir Perusahaan apa saja yang dapat membuat brand perusahaan diingat dengan baik? Ada beberapa, dan tulisan ini akan membahas yang paling signifikan selama ini.

Payung

Payung merupakan Souvenir Perusahaan yang mampu membuat brand kita dengan mudah diingat. Pasalnya, di kala hujan, tidak ada alat yang lebih menguntungkan untuk digunakan selain payung. Ditambah materi iklan yang dapat dipampang besar-besar di kain payungnya, membuat payung layaknya billboard berjalan yang sangat menarik dan bermanfaat.

Mug



Manusia pasti perlu minum, dan seperti apapun materi iklan yang dicetak di tubuhnya, mug akan selalu digunakan untuk minum, kecuali jika sudah pecah. Mengapa mug akan selalu digunakan untuk minum, bahkan jika ada banyak mug lainnya? Karena setelah digunakan untuk minuman yang meninggalkan sisa di mug (seperti kopi, teh, dan lainnya), maka kebanyakan orang akan menunda untuk mencucinya, dan memilih mencari mug yang lain. Alhasil, mug dengan iklan pun tetap akan dilirik. Dan itu berarti, brand kita akan terlihat. Tentu dengan catatan jika kita membuat mug promosi itu. Kalau tidak? Mungkin mug dengan iklan milik kompetitor kita.

Gantungan Kunci
Gantungan kunci meskipun fungsinya tidak sekrusial dua Souvenir Perusahaan sebelumnya, namun juga memberikan efek yang signifikan. Mengapa begitu? Karena gantungan kunci akan sering berpindah tempat, berpindah tangan, dan otomatis akan sering dilihat banyak orang. Pastinya, brand kita akan menyebar secara luas tanpa kita sadari.


Kalender
Kalender merupakan Souvenir Perusahaan yang paling seksi bagi sebagian perusahaan. Hampir setiap tahun, semua lembaga di Indonesia akan berlomba-lomba membagikan kalender (beberapa dengan syarat dan ketentuan yang berlaku) dan saat kalender ditempelkan di dinding atau diletakkan di meja, maka materi iklan kita akan dilihat sepanjang tahun. Wow, menarik bukan?

Selain barang-Souvenir Perusahaan di atas, memang masih ada banyak lagi Souvenir Perusahaan yang lain dan juga efektif, seperti ballpoint, jam, pin, tas belanja, dan masih banyak lainnya. Namun keempat barang itu, bisa dibilang merupakan souvenir yang paling efektif saat ini.


Namun, meskipun secara teori barang-Souvenir Perusahaan itu sangat efektif untuk membangun brand kita, tetap saja ada satu syarat yang harus dipenuhi: berkualitas. Kualitas yang baik akan memberikan efek yang signifikan pula terhadap brand. Karena itu, jika anda ingin memesan Souvenir Perusahaan, pastikan Souvenir Perusahaan anda dikerjakan oleh ahlinya. Oleh vendor yang memang berkompeten dan dapat diandalkan.