Senin, 16 Januari 2017

Marketing & PR Wajib Tahu! 8 Faktor Keberhasilan Souvenir Perusahaan Sebagai Media Promosi

Sebagian besar dari Anda pasti  pernah menggunakan souvenir perusahaan, merchandise, atau sejenisnya untuk perusahaan, organisasi ataupun komunitas yang Anda ikuti. Mulai dari yang paling sederhana seperti pulpen hingga souvenir perusahaan istimewa seperti souvenir tumbler indigo ataupun souvenir ballpoint dengan bahan dan packaging yang eksklusif.

Namun dalam konteksnya sebagai media promosi, pertanyaan penting yang perlu kita jawab adalah souvenir perusahaan seperti apa yang mampu menjadi media promosi yang baik bagi perusahaan kita?. Sebagai bagian marketing ataupun Public relation yang biasanya mendapatkan tugas atau tanggungjawab untuk mengurusi hal tersebut, tentu perlu memikirkan hal ini dengan lebih cermat.
Karena tentu saja, memilih dan memutuskan souvenir perusahaan yang akan digunakan bukan sekedar bicara tentang pemasaran, namun hal ini juga erat kaitannya dengan masalah keuangan. Dalam bisnis ataupun organisasi prinsipnya selalu sama, setiap sen yang dikeluarkan harus bisa digunakan untuk mendapatkan keuntungan atau manfaat yang semaksimal mungkin. Betul?
Maka dari itu untuk membantu Anda dan tim dalam memutuskan souvenir perusahaan apa yang akan digunakan sebagai media promosi. Kami, Cera Production telah mengumpulkan 8 Faktor keberhasilan dalam penggunaan souvenir perusahaan sebagai media promosi.

1.       Target Market Yang Tepat
Dalam perumusan strategi pemasaran apapun, menilik siapa target market dari perusahaan kita adalah hal pertama yang perlu kita perhatikan. Sehebat apapun strategi yang dibuat, sekreatif apapun kampanye dilakukan, atau sebagus apapun souvenir perusahaan yang diberikan jika ditujukan kepada target market yang salah maka hasilnya tidak akan maksimal atau bahkan nol besar.
Mulai dari mendefinisikan siapa target atau penerima souvenir perusahaan yang disasar. Lalu pilihlah souvenir yang memang pas untuk kalangan mereka. Misalkan saja souvenir gelang kulit tentu akan lebih pas jika ditujukan untuk target kalangan muda. Atau souvenir mug yang akan sangat tepat ditujukan untuk kalangan dewasa.

2.       Relevan dan Memperkuat Citra Perusahaan
Pernah dengar salah satu strategi perang Sun Tzu “Kenali Dirimu Dan Siapa Musuhmu”. Nah dalam hal memilih souvenir perusahaan pun sama, kita harus mengenali siapa perusahaan kita. Image atau citra seperti apa yang perusahaan miliki atau ingin ciptakan?. Barulah memilih souvenir perusahaan yang relevan dan memperkuat citra perusahaan.
Misalkan saja, perusahaan Anda adalah perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan atau kebugaran tubuh seperti fitness, herbal, klinik dan sebagainya. Maka souvenir yang Anda pilih harus bisa memperkuat citra perusahaan Anda sebagai perusahaan yang peduli terhadap kesehatan misalkan souvenir handuk olahraga, souvenir gym bag, souvenir tumbler dan lain sebagainya.

3.       Menunjukan Identity
Sebagai media promosi, tentunya kita ingin bahwa orang lain terutama penerimanya tahu bahwa souvenir perusahaan tersebut merupakan pemberian dari perusahaan kita. Sehingga pemasangan identity perusahaan baik itu berupa logo, tulisan, warna dan sebagainya mutlak diperlukan
Namun tentunya memberikan idenitity dalam souvenir perusahaan ada seninya. Dalam artian bukan berarti kita dapat seenaknya memasang logo ataupun kalimat promosi di souvenir perusahaan tersebut. Kita harus tetap memperhatikan desain yang lebih nyaman dipandang mata serta tidak terkesan terlalu hardselling. Selengkapnya akan dikupas di point desain. 

4.       Bermanfaat dan digunakan sehari-hari
Dengan memberikan souvenir perusahaan, tentunya kita berharap bahwa setidaknya penerima dan orang-orang disekitarnya aware terhadap perusahaan kita. Dengan melihat logo, warna, dan tulisan tentang perusahaan kita mereka akan lebih familiar dan merasa dekat dengan brand perusahaan. Dan selanjutnya tentu saja, jika mereka membutuhkan sesuatu yang berhubungan dengan produk atau jasa yang kita jual, mereka akan meningat dan membeli dari perusahaan kita.
Nah sehingga untuk mencapai hal tersebut maka sebisa mungkin, pilihlah souvenir perusahaan yang bisa digunakan dan dilihat oleh target audiens. Dan hamper dipastikan barang tersebut adalah barang yang bermanfaat dan biasa digunakan sehari hari. Misalkan saja jika ia adalah seorang mahasiswa atau pelajar maka pulpen bisa menjadi salah satu pilihan. Jika seorang pekerja kantoran, souvenir kalender meja adalah pilihan cerdas.

5.       Bahan Berkualitas dan Desain Yang Menarik
Bahan yang berkualitas akan membuat souvenir perusahaan kita beri lebih awet. Desain yang menarik akan membuat souevenir tersebut sering-sering digunakan. Keduanya adalah kombinasi yang sangat powerfull untuk membuat souvenir perusahaan kita berhasil menjadi media promosi yang maksimal.
Dan tak hanya itu, tidak dipungkiri bahwa bahan dan desain dari sebuah souvenir akan mencerminkan citra perusahaan. Sehingga perhatikan betul kualitas dan desain souvenir perusahaan yang diberikan. Tentu anda tidak ingin bukan citra perusahaan turun atau menjadi jelek karena souvenir perusahaan yang tidak berkualitas.

6.       Relevan Dengan Event
Souvenir perusahaan pada umumnya diberikan ketika perusahaan mengadakan event, seperti seminar, pameran, gathering, dan lain sebagainya. Hal ini juga harus dijadikan pertimbangan bagi sebuah perusahaan dalam menentukan souvenir perusahaan apa yang cocok dibagikan. Sesuai tema event dengan hadiah yang diberikan. Semisal, pada saat mengadakan seminar tentu souvenir perusahaan yang cocok dibagikan adalah barang-barang yang biasa dipaketkan dalam seminar kit (ballpoint, blocknote, dan lainnya). Lain halnya jika event tersebut bertemakan olahraga misalkan perusahaan mengikuti bazar saat Car Free Day, maka souvenir perusahaan yang cocok di moment tersebut seperti souvenir handuk olahraga, souvenir kaos kaki, souvenir bantal mobil dan lain-lain.

7.       Trend, Inovatif, Unik
Terakhir, yang bisa menjadi faktor keberhasilan souvenir perusahaan sebagai media promosi adalah trend. Bisa juga sesuatu yang memiliki nilai inovasi atau keunikan tersendiri. Contoh pengaruh tren terhadap souvenir perusahaan, dahulu pembuka botol dan souvenir magnet kulkas banyak digunakan dan disukai banyak orang sehingga banyak dijadikan souvenir perusahaan. Sekarang, sudah jarang sekali orang yang menggunakan sehingga perusahaan pun jarang yang menggunakan itu.
Beberapa tahun yang lalu muncul benda bernama powerbank yang kemudian menjadi benda yang bermanfaat dan sering dibawa orang kemana-mana. Dan akhirnya dua tahun terakhir ini pula souvenir powerbank menjadi souvenir perusahaan yang banyak dipilih berbagai perusahaan.

Demikian artikel kali ini. Semoga bermanfaat.