Selasa, 09 Oktober 2018

10 Media Seminar Kit Live Event Marketing Akhir Tahun Untuk Branding Perusahaan Anda


                Live Event Marketing menjadi salah satu media promosi yang paling diminati di akhir tahun. Menurut The 2018 Event Marketing Report yang melakukan survey dengan 500 orang senior marketer, mayoritas percaya live events marketing adalah saluran pemasaran paling efektif untuk mencapai sasaran bisnis.



                Jika anda ingin mengadakan live event marketing hal yang selalu berkaitan dan merupakan barang wajib ada adalah seminar kit. Seminar Kit merupakan dua kalimat yang tergabung. Seminar itu sendiri artinya kegiatan atau event yang melibatkan adanya pertukaran informasi dari sumber informasi ke penerima informasi. Sedangkat kit sendiri berasal dari bahasa Inggris yang artinya paket atau sekumpulan. Jadi pengertian seminar kit adalah suatu paket yang berisi beberapa barang yang diberikan pada saat kegiatan atau event berlangsung. Biasanya seminar kit ini bertujuan untuk penunjang kegiatan dan media promosi perusahaan.

                Seminar Kit bertujuan sebagai penunjang penting kegiatan atau event karena merupakan bagian dari post event marketing untuk media promosi perusahaan pasca kegiatan atau event berlangsung. Seminar kit sendiri merupakan jenis promosi cetak dimana kelebihan promosi cetak adalah dapat dibaca berkali-kali, disimpan atau dikoleksi, berpikir lebih spesifik tentang tulisan, dan mampu menjelaskan hal-hal spesifik secara ringkas dan detail.

                Jika anda masih bingung apa saja produk yang akan anda masukkan dalam seminar kit, berikut ini adalah 10 Media Seminar Kit Live Event Marketing yang paling diminati di akhir tahun 2018.

1.     Kalender
Seperti yang sudah kita tahu, kalender masih tetap mejadi primadona saat momen akhir tahun. Banyak yang masih beranggapan bahwa tahun baru adalah kalender baru. Jika belum memberima kalender di tahun baru rasanya kurang afdol. Nah karena hal tersebut, kalender bisa anda masukkan dalam list seminar kit yang akan anda buat.




2.     Katalog
Setelah kalender, media cetak yang harus anda punya adalah katalog. Anggap saja tidak semua target market anda paham akan digitalisasi. Kembali pada sebuah ungkapan, tidak semua barang bias diterima secara digital. Banyak sekali orang yang masih menyukai katalog dalam bentuk fisik agar mudah dipegang dan dibaca sewaktu-waktu.




3.     Brosur
Brosur adalah sneak-peak  yang biasanya berisi profil perusahaan. Dalam trifold atau lebih brosur anda bias menjelaskan sedikit tentang sejarah perusahaan, visi-misi, alamat dan kontak, serta prestasi dan capaian perusahaan. Hal ini dapat menarik rasa ingin tahu dan membangun rasa percaya audience terhadap perusahaan anda.




4.     Kartu Nama
Dalam Live Event Marketing biasanya anda mengundang public speakers untuk acara anda. Sisipkan kartu nama public speaker tersebut dan representative dari perusahaan anda. Hal ini akan mempermudah dan membuat hubungan anda dengan audience terkesan sangat dekat.




5.     Kaos
Jika target anda adalah generasi milenial, maka kaos harus anda masukkan dalam list seminar kit anda. Dengan desain yang unik dan kece, souvenir kaos anda akan digunakan oleh ribuan target audience anda setiap harinya. Masukkan juga pesan atau slogan unik perusahaan di souvenir kaos tersebut.




6.     Tumbler
Botol minum dengan desain dan warna yang bervariasi ini sangat disukai semua kalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa karena kebutuhan dan penggunaannya yang praktis.




7.     Planner (Agenda)
Jika anda menyasar target audience business to business maka agenda bias jadi pilhan yang tepat. Agenda sangat dibutuhkan oleh karyawan-karyawan muda jangan lupa sisipkan branding nama perusahaan anda di palnner tersebut agar perusahaan anda semakin dikenal.



8.     Blocknote (Buku Catatan)
Blocknote dapat digunakan di semua umur target audience anda. Blocknote dalam seminar kita anda bias digunakan audience untuk mencatat hal-hal penting saat materi berlangsung. Jadi audience tidak perlu repot-repot membawa blocknote dari rumah




9.      Bolpoin
Tentu saja ada blocknote ada bolpoin, fungsinya untuk menulis dan sangat tepat guna bentuknya yang mungil bias dibawa kemana mana. Bolpoin menjadi item wajib dalam seminar kit anda.




10.   Paper Bag atau Tas Furing
Selesai dengan list barang-barang anda saatnya bungkus seminar kita anda dengan paper bag atau tas furing. Paper bag memiliki tekstur yang mudah robek untuk itu pilihkan item-item yang tidak terlalu berat di dalamnya. Jika ingin berisi item-item yang berat pilih saja tas furing karena bahannya lebih kuat.



Live Event Marketing sejatinya sangat mudah hanya saja perlu persiapan ekstra untuk membuat event satu hari tersebut dapat membuat perusahaan atau produk dan jasa anda bias branding dengan baik. Karenaa tujuan sejati dari Live Event Marketing adalalah mendekatkan diri dengan konsumen. Banyak sekali pillihan item-item untuk dimasukkan ke seminar kit anda namun tidak semua harus anda pilih. Pertimbangkan budget dan siapa target audience dari live event marketing yang anda buat. Semoga bermanfaat, dan semoga akhir tahun ini dapat anda tutup dengan kegemilangan dan prestasi bagi perusahaan anda.