Live Event
Marketing menjadi salah satu media promosi yang paling diminati di akhir tahun.
Menurut The 2018 Event Marketing Report yang melakukan survey dengan 500 orang senior marketer, mayoritas
percaya live events marketing adalah saluran pemasaran paling efektif untuk
mencapai sasaran bisnis.
Jika anda ingin
mengadakan live event marketing hal yang selalu berkaitan dan merupakan barang
wajib ada adalah seminar kit. Seminar Kit merupakan dua kalimat yang tergabung.
Seminar itu sendiri artinya kegiatan atau event yang melibatkan adanya
pertukaran informasi dari sumber informasi ke penerima informasi. Sedangkat kit
sendiri berasal dari bahasa Inggris yang artinya paket atau sekumpulan. Jadi
pengertian seminar kit adalah suatu paket yang berisi beberapa barang yang
diberikan pada saat kegiatan atau event berlangsung. Biasanya seminar kit ini
bertujuan untuk penunjang kegiatan dan media promosi perusahaan.
Seminar Kit
bertujuan sebagai penunjang penting kegiatan atau event karena merupakan bagian
dari post event marketing untuk media promosi perusahaan pasca kegiatan atau
event berlangsung. Seminar kit sendiri merupakan jenis promosi cetak dimana
kelebihan promosi cetak adalah dapat dibaca berkali-kali, disimpan atau
dikoleksi, berpikir lebih spesifik tentang tulisan, dan mampu menjelaskan
hal-hal spesifik secara ringkas dan detail.
Jika anda masih
bingung apa saja produk yang akan anda masukkan dalam seminar kit, berikut ini
adalah 10 Media Seminar Kit Live Event Marketing yang paling diminati di akhir
tahun 2018.
1. Kalender
Seperti yang sudah kita tahu, kalender masih tetap mejadi primadona
saat momen akhir tahun. Banyak yang masih beranggapan bahwa tahun baru adalah
kalender baru. Jika belum memberima kalender di tahun baru rasanya kurang
afdol. Nah karena hal tersebut, kalender bisa anda masukkan dalam list seminar
kit yang akan anda buat.
2. Katalog
Setelah kalender, media cetak yang harus anda punya adalah katalog.
Anggap saja tidak semua target market anda paham akan digitalisasi. Kembali
pada sebuah ungkapan, tidak semua barang bias diterima secara digital. Banyak
sekali orang yang masih menyukai katalog dalam bentuk fisik agar mudah dipegang
dan dibaca sewaktu-waktu.
3. Brosur
Brosur adalah sneak-peak yang biasanya berisi profil perusahaan. Dalam
trifold atau lebih brosur anda bias menjelaskan sedikit tentang sejarah
perusahaan, visi-misi, alamat dan kontak, serta prestasi dan capaian
perusahaan. Hal ini dapat menarik rasa ingin tahu dan membangun rasa percaya
audience terhadap perusahaan anda.
4. Kartu Nama
Dalam Live Event Marketing biasanya anda mengundang public speakers
untuk acara anda. Sisipkan kartu nama public speaker tersebut dan
representative dari perusahaan anda. Hal ini akan mempermudah dan membuat
hubungan anda dengan audience terkesan sangat dekat.
5. Kaos
Jika target anda adalah generasi milenial, maka kaos harus anda
masukkan dalam list seminar kit anda. Dengan desain yang unik dan kece,
souvenir kaos anda akan digunakan oleh ribuan target audience anda setiap
harinya. Masukkan juga pesan atau slogan unik perusahaan di souvenir kaos
tersebut.
6. Tumbler
Botol minum dengan desain dan warna yang bervariasi ini sangat disukai
semua kalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa karena kebutuhan dan
penggunaannya yang praktis.
7. Planner (Agenda)
Jika anda menyasar target audience business to business maka agenda
bias jadi pilhan yang tepat. Agenda sangat dibutuhkan oleh karyawan-karyawan
muda jangan lupa sisipkan branding nama perusahaan anda di palnner tersebut
agar perusahaan anda semakin dikenal.
8. Blocknote (Buku Catatan)
Blocknote dapat digunakan di semua umur target audience anda.
Blocknote dalam seminar kita anda bias digunakan audience untuk mencatat
hal-hal penting saat materi berlangsung. Jadi audience tidak perlu repot-repot
membawa blocknote dari rumah
9. Bolpoin
Tentu saja ada blocknote ada bolpoin, fungsinya untuk menulis dan
sangat tepat guna bentuknya yang mungil bias dibawa kemana mana. Bolpoin
menjadi item wajib dalam seminar kit anda.
10.
Paper Bag atau Tas Furing
Selesai dengan list barang-barang anda saatnya bungkus seminar kita
anda dengan paper bag atau tas furing. Paper bag memiliki tekstur yang mudah
robek untuk itu pilihkan item-item yang tidak terlalu berat di dalamnya. Jika
ingin berisi item-item yang berat pilih saja tas furing karena bahannya lebih
kuat.
Live Event Marketing sejatinya sangat mudah hanya saja
perlu persiapan ekstra untuk membuat event satu hari tersebut dapat membuat
perusahaan atau produk dan jasa anda bias branding dengan baik. Karenaa tujuan
sejati dari Live Event Marketing adalalah mendekatkan diri dengan konsumen.
Banyak sekali pillihan item-item untuk dimasukkan ke seminar kit anda namun
tidak semua harus anda pilih. Pertimbangkan budget dan siapa target audience
dari live event marketing yang anda buat. Semoga bermanfaat, dan semoga akhir
tahun ini dapat anda tutup dengan kegemilangan dan prestasi bagi perusahaan
anda.