Rabu, 10 Oktober 2018

7 Tips untuk Membuat Jam Kerja Lebih Efektif

Hampir semua karyawan memiliki jam kerja dari jam 09.00-17.00, kadang jika masih ada pekerjaan maka mau tidak mau lembur. Meski bisa menambah pemasukan, namun berapa banyak dari karyawan yang tidak suka mengambil jam lembur? Salah satu alasan yang paling sering diungkapkan adalah mengurangi waktu untuk diri sendiri maupun keluarga. Bagi beberapa orang, memiliki kehidupan yang seimbang antara personal dan profesional menjadi penting.

Lalu bagaimana supaya jam kerja kita menjadi efektif sehingga di akhir hari semua pekerjaan dapat diselesaikan dan bisa pulang tepat waktu?

1. Tentukan apa yang akan dikerjakan hari ini




Sebenarnya, pekerjaan itu tak akan pernah ada habisnya bukan. Oleh karena itu, sebelum bekerja, baiknya membuat rencana apa saja yang akan dilaksanakan hari itu. Hal ini akan memudahkan untuk mengukur garis finish hingga kemudian bisa pulang.

Terkait dengan target pekerjaan, hal ini bisa dibuat dari breakdown dari target yang telah ditentukan oleh atasan. Dengan begitu, kita akan lebih mudah untuk mengukur kemajuan pekerjaan yang dilakukan.

2. Prioritas akan lebih memudahkan pekerjaan

Setelah tahu apa saja yang akan dilakukan hari itu, langkah selanjutnya adalah menentukan prioritas. Hal-hal yang akan dilakukan diurutkan sesuai dengan urgensi dan tingkat kesulitan pekerjaan yang dilakukan. Pekerjaan yang lebih prioritas tentu saja dikerjakan lebih dulu.

3. Harus disiplin




Ketika sudah memiliki target yang harus dikerjakan dan prioritas maka yang harus dilakukan berikutnya adalah displin. Kadang justru bagian ini yang paling sulit. Sering kali lebih mudah bersaing dengan orang lain daripada diri sendiri, betul nggak? Karena tanpa disiplin, semua perencanaan adalah sia-sia.

4. Fokus pada pekerjaan yang sedang dilakukan

Meskipun kelihatannya melakukan multitasking membuat pekerjaan lebih cepat selesai, namun faktanya justru sebaliknya. Fokus pada pekerjaan justru lebih cepat selesai dan resiko melakukan kesalahan bisa diminimalisir. Salah satu caranya adalah membisukan notifikasi dari berbagai aplikasi chatting dan media sosial.

5. Bekerja dengan cerdas

Jangan hanya mengandalkan bekerja keras, pekerjaan akan selesai lebih baik dengan bekerja cerdas. Bagaimana caranya? Terus belajar untuk semakin ahli di bidang pekerjaan, dengan terus belajar kita juga bisa menemukan alat-alat yang semakin memudahkan pekerjaan.

6. Jangan lupa makan siang

Salah satu cara untuk menunjukkan waktu kita diatur dengan efektif adalah cukup istirahat. Kalau bekerja dari jam 09.00-17.00 non stop tanpa istirahat tentu ada yang salah dengan pengaturan waktu kan. Nikmati makan siang yang nyaman, pilih makanan yang enak dan mungkin sedikit berbincang dengan rekan-rekan kerja bisa meningkatkan mood untuk bekerja di paruh akhir hari.

7. Menikmati kerja

Akhirnya, yang paling penting adalah menjalani hari dengan senang hati, ini akan membuat lebih mudah untuk menyelesaikan pekerjaan dan mengatur hari dengan lebih efektif. Hati yang gembira juga memudahkan untuk mengeluarkan ide-ide inovatif lho.


Dalam waktu 24 jam sehari semalam yang kita miliki, tak bisa dipungkiri porsi waktu bekerja memenuhi sebagian besar rutinitas harian. Oleh karena itu, kebahagian hidup kita sebagiannya bergantung pada kehidupan profesional di tempat kerja. Salah satu cara untuk mencapainya adalah dengan mengatur waktu dengan jam dinding yang ada di kantor, mulai dari #TanyaCera.